BLanGkoN_Army

The Great Alliance


    Resource: Nambang vs Beli

    Share
    avatar
    KongMing
    Junior

    Jumlah posting : 35
    Join date : 13.05.10

    Resource: Nambang vs Beli

    Post by KongMing on Fri Jun 04, 2010 9:25 pm

    Terinspirasi dari Om Alex, Mending nambang apa beli?
    Mari coba itung2.
    Disini ada banyak faktor yg menentukan, diantaranya: jarak oasis, besarnya oasis, efek mobil barrack di dlm tambang, efek riset, efek gubernur, dll (spt efek tambahan dari fasilitas background -- baca topic sebelumnya).

    Gw coba ambil kondisi di tempat gw utk Kayu (reso yg paling byk dibutuhkan di samkok).
    OPSI MENAMBANG:
    Jarak Oasis >> 16 kotak
    Besar Oasis >> 4x4, dengan tambahan 25% dari mobile barrack
    Hasil Normal >> 849 kayu / 100 pekerja
    Pekerja Tambang >> misalnya 30,000 (100% pekerja yg bisa digunakan >> batas populasi dikurang efek pajak)
    Hasil Normal per hour >> 254,700 (30,000 x 849 / 100)
    Tambahan: Fasilitas Background 5%, Riset 42%, Gubernur 29%
    Total Hasil per hour >> 448,300 [254,700 x (1 + 5% + 42% + 29%)]
    OPSI MEMBELI:
    Income 1 pekerja Idle dengan tax 10% >> 1 gold
    Tambahan: Fasilitas Background 5%, Gubernur 29%
    Total income per hour >> 1.34 Gold
    Pekerja Idle >> 30,000 (sama dengan pekerja yg menambang kayu di atas)
    Maka Total income gold per jam >> 40,200 [30,000 x 1.34]
    Harga Market Kayu >> 301 gold per 1,000 kayu
    Maka dengan Gold 40,200 bisa membeli 134,000 kayu.

    Maka menambang lebih untung karena dpt kayu lebih banyak 314,000.

    Jika pajak diadjust 50%, maka hasil gold akan naik 5 kali lipat, tetapi populasi jg berkurang.
    Misal total populasi 33,333 orang, dengan pajak 10% maka populasi menjadi 30,000 org.
    Dengan pajak 50%, maka populasi menjadi 16,667 orang.

    Menggunakan hitungan diatas, maka hasil tambang akan menjadi 249,000 per hour (hasil normal 141,000 x [1 + (5% + 42% + 29%)] ). Hasil normal didapat dari 16,667 x 849 / 100 = 141,000.
    Dan Income gold akan menjadi 111,700 per hour (16,667 x 1.34 x 5 kali lipat dari pajak 50%).
    Dengan gold ini, mampu membeli 371,000 kayu (asumsi masih sama harga kayu 301 gold per 1000 kayu).
    Jadinya per jam, opsi membeli dapat kayu lebih banyak 122,000 !!!!

    Konklusi nya: dengan pajak 10%, maka dpt kayu lebih banyak dengan menambang sebesar 314,000.
    dengan pajak 50%, maka dpt kayu lebih banyak dengan membeli sebesar 122,000

    Tapi ingat, ini dengan asumsi spt di atas. Tentunya hasil akan berbeda jika hanya ada Oasis 1x1 di dekat kota, riset logging masih rendah, dan yg lebih menyeramkan adalah jika mayoritas pemain menggunakan strategi membeli maka harga wood di pasar akan naik gila2an.
    avatar
    alex
    Admin
    Admin

    Jumlah posting : 62
    Join date : 12.05.10

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by alex on Sat Jun 05, 2010 1:14 am

    ada yg kurang nih kayaknya bung kongming, sy coba koreksi tolong d koreksi lagi klo salah.

    kan klo pajaknya 10% berarti max populasinya 90%
    jadi 30,000 x 90% = 27.000 populasi, klo popnya d set jadi pekerja semua berati goldnya minus + gandumnya minus (ngak tau tuh gold minus berapa hehee d cobain aja dulu)
    tapi klo gandum kita bisa liat dari populasi berarti gandum minus 27.000

    pendapatan kota menjadi 27.000 x 849/100 = 229.000 wood
    tambahan (dari contoh bung kongming) = 229.000 x (1+5%+42%+29%) = 229.000x 176% = 403.040 wood
    (ini belum di kurangi minus gold + gandum)

    klo d konversi ke gold dengan asumsi yg bung kongming jgha 301 gold = 1000wood, berarti 1 wood = 0,301 gold
    jadi 403.040 bernilai atau sama dengan 403.040 x 0,301 = 121.315,04 gold
    hasil diatas belum dikurangi minus gold dan gandum

    anggap saja gandum 100 gold / 1000 gandum berarti satu gandum = 0,1 gold
    klo gandum minus 27.000 berarti 27.000 x 0,1 = 2.700
    TOTAL PENDAPATAN setelah dikurangi gandum = 121.315,04 - 2.700 = 118.615,04 gold

    hasil diatas belum dikurangi minus gold karena pop idle = 0 lho...
    blum lagi untuk menjual itu kena pajak penjualan, sedangkan membeli tidak kena pajak.
    pajak penjualan tergantung oleh market, makin tinggi level bangunan market makin kecil pajaknya

    Nah kita bandingkan skrng dengan Gold style hehehe... rada gaya ngomongnya

    klo pajaknya 50% berarti max populasinya 50%
    30.000 x 50% = 15.000 populasi (klo popnya d set jadi idle semua berati gandumnya minus)
    gold ngak ada tambahan riset,, bung kongming salah lagi nih .
    berarti 15.000 x 5 x (1 + 5% + 29%) = 75.000 x 134% = 100.500 gold
    (ini belum di kurangi minus gandum)

    anggap saja gandum 100 gold / 1000 gandum berarti satu gandum = 0,1 gold (sama kaya d atas)

    klo populasi 15.000 berarti gandum minus 15.000
    berarti minus gandum d konversi ke gold 15.000 x 0,1 = 1.500 gol
    TOTAL PENDAPATAN setelah dikurangi gandum = 100.500 - 1.500 = 99.000 gold

    hasil d atas murni lho ngak dikurangi apa2 lagi lhoo....
    blum lagi saya punya jurus menambah pendapatan gold jauh lebih besar lagi dengan gold style ini. mau tahu??? hehehe..

    ARTINYA : 118.615,04 gold (res style) yg belum dikurangi pajak penjualan res DIBANDINGKAN dengan 99.000 gold (gold style) yg bisa dioptimalkan lagi , keliatannya lebih besar res style.

    KESIMPULAN : sebenernya res style dan gold style ngak ada yg salah, dua2nya bener tergantung kondisi lingkungan ekonomi samkok. hanya saja karena banyak player d samkok yg menggunakan res style jadinya harga res rendah atau turun sehingga gold style jadi untung (analisis saya).
    klo banyak pemain gold style = banyak yg beli res = harga res jadi naik = res style jadi untung


    lalu knapa saya tetap memilih gold style??
    jawabannya rahasia hehehe....ngak deng saya kasih tau nih alasannya :

    1. gold style bisa tidur nyenyak karena tidak usah mikirin warehouse penuh
    2. kita ngak usah cape2 buang biaya dan waktu utk riset planting, smelting, minning atau logging kita bisa alihkan ke riset militer jadi kita lebih duluan unggul militernya dari yg lain.
    3. Ngak perlu ngeluarin yuan buat hak tambang.
    4. INI YG PALING PENTING : Pendapatan diatas bisa sy tingkatkan sampai 2x lipat klo kita sering OL. Wow mau tahuu??? hehe rahasia dong


    tapi dengan banyak yg berpikiran seperti bro kongming saya jadi aman karena keuntungan ini bisa saya nikmati terus menerus hehehe.... OK deh minum duluuuu .... MANTAAAP.....


    Terakhir diubah oleh alex tanggal Sat Jun 05, 2010 2:32 am, total 1 kali diubah

    pecak
    Cupu

    Jumlah posting : 8
    Join date : 17.05.10

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by pecak on Sat Jun 05, 2010 2:17 am

    g ngerti kk...!?


    yg pnting>>>> TIDUR ENAAKK.....
    avatar
    alex
    Admin
    Admin

    Jumlah posting : 62
    Join date : 12.05.10

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by alex on Sat Jun 05, 2010 2:35 am

    waaah bro pecak suka pura2 ngak ngerti nih.....
    padahal kayaknya dia orang pertama di aliansi ini yg nerapin gold style, main awal2 dah berani mainin pajak.
    kayaknya berusaha melindungi keuntungannya sendiri.. ngak mau bagi2 ilmu hehehe... peace brother

    selamat tidur enak deh untuk pecak

    pecak
    Cupu

    Jumlah posting : 8
    Join date : 17.05.10

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by pecak on Sat Jun 05, 2010 2:55 am

    terinspirasi gayus bro...
    avatar
    KongMing
    Junior

    Jumlah posting : 35
    Join date : 13.05.10

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by KongMing on Sat Jun 05, 2010 6:39 am

    wakakakaa. saya tau yg reply ptama pasti dari bro Alex.
    Maklum kl msh byk yg salah2 wakakak, tapi akan saya coba jawab di bawah ya.
    Utk kota support, semua pekerja bisa dipekerjakan tanpa gold minus (bisa diliat di gambar di bawah). Ini semua bangunan tetap ada, kecuali Alliance Hall (krn cukup punya satu di kota utama) dan Stable (krn saya ga pake kuda, dan untuk cata udah ada di kota utama juga).. bisa dicoba, ini dgn pajak 10%, gold ga akan minus kecuali utk kota lvl 1, kalo kota lvl 2 msh minus sedikit sekitar 150 gold wakakak.. kalo lvl 3 udah pasti ga minus..


    Untuk Gandum, jika diasumsikan harga market Rp 100 / 1000 food, maka dengan contoh dari gambar di atas, utk menghidupi penduduk, saya butuh 33 ton food (krn penduduk 33 ribuan), yg jika dibeli semua perlu gold 3,300, jadi minus 1,500 gold per hour krn income gold dgn full pekerja msh dpt 1,800 gold per hour. Kekurangan ini akan dijawab dibawah..

    Lalu utk perhitungan sistem gold, memang tidak dimasukkan hasil riset kok bro alex, yg diperhitungkan cuma background dan gubernur aja, dan kekurangan gandum ini hampir sama dengan kekurangan gandum diatas. faktor ini di-ignore krn tidak begitu signifikan dan karena sama2 tidak diperhitungkan baik di Nambang maupun Beli, jadi perbandingan diasumsikan udah seimbang..

    Tapi bener memang kata bro alex, kalo dengan sistem reso, kita perlu jagain warehouse krn kalo ampe luber sayang jg.. biasanya sblm tidur, saya udah itung2 di warehouse kalo bsk pagi jgn ampe penuh. caranya dengan mengandalkan service station alias dibagi2 ke kota lain. Dan utk pemain yg ga tiap hari online, maka sebaiknya pakai sistem gold krn gold ga ada batas muatannya. Bagi yg ingin menerapkan sistem resource, sebaiknya riset resource nya untuk yg oasis nya kecil aja. Jadi kalo udah ada oasis gede di dekat kota, maka tidak perlu riset lagi atau hanya sampai lvl 10 aja (mayan nih keluar modal murah, tapi dpt tambahan 20%). Jadi nanti hasilnya resonya seimbang (oasis kecil dgn riset tinggi + oasis sedang / gde dgn riset seadanya)..

    Utk Yuan, saya jg udah itung2 sih waakakakak..
    Total modal yuan dari awal permainan misalnya 1,000 (ada yg lebih ada yg kurang, didapat dari novice quest + gaji harian + yuan chest kalo ada)..
    Modal untuk Jadwal kota >> 14 yuan, background >> 22 yuan, hak tambang 5x5 >> 24 yuan , jadi total seminggu perlu 60 yuan.
    Gaji 7 hari (jika online trs wakakak), maka dpt 49 yuan.
    Defisit per minggu 11 yuan. Jadi dengan 1,000 yuan, maka dpt bermain tanpa berhenti memakai yuan adalah selama 91 minggu alias hampir 2 tahun (mungkin udah pada pindah ke server baru wakakakak)..

    Jadi pilih mana? Nambang atau Beli?
    Tapi yg pasti perlu ada keseimbangan pasar, jadi jawabannya tergantung masing2 pemain..

    danish
    Cupu

    Jumlah posting : 12
    Join date : 25.05.10

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by danish on Sat Jun 05, 2010 5:01 pm

    aku juga res nya gak terlalu banyak, itu buat awal awal start aja, soalnya armor dan weapon ku kurang lv nya, sekarang, perlu res tinggal beli. cari duit beli rest buatin senjata dan armor lalu jual, untung lagi. populasi di spare buat army.
    avatar
    Vengeance™
    Cupu

    Jumlah posting : 18
    Join date : 13.05.10

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by Vengeance™ on Sun Jun 06, 2010 7:52 pm





    http://farm5.static.flickr.com/4004/4674496762_8f264f3240_b.jpg


    kalo menurut saya sama aja mo res apa gold style. saya bilang sih tergantung kebutuhan saat itu gimana.
    kl saya beli res disaat emg lagi butuh cepet atow males buat ngirim. kalo kira2 masih bisa kepegang, lagi santei saya biasanya kirim dari desa yang lain. cuma 10mnit bolak balik.
    cari aja style yang paling sreg,paling enak,paling nyaman buat sendiri.
    semua tips dan trik yang ada hanya sebuah cara yang udah dipake dan berhasil diterapkan sama player yang bersangkutan.
    kalo enak ikutin kl ga enak tinggal modif sedikit. karena biasanya tips2 udh terbukti mantep.

    Sponsored content

    Re: Resource: Nambang vs Beli

    Post by Sponsored content


      Waktu sekarang Thu May 24, 2018 2:17 am